Ingin tahu, apakah hubungan Anda dan pasangan termasuk harmonis? Menurut penelitian, pasangan yang biasa membahasakan diri "kita" atau "kami", dan bukannya “aku” dan “kamu”, adalah pasangan yang lebih bahagia, bahkan lebih sehat.

Kata ganti inklusif, seperti “kita” atau “kami” terbukti menunjukkan kepuasan dalam pernikahan, bahkan pada pasangan muda. Journal Psychology and Aging edisi September juga menyebutkan hal ini berlaku untuk pasangan yang lebih mapan ketika konflik mulai berkembang. Penggunaan kata ganti tersebut juga menunjukkan denyut jantung yang lebih rileks dan tekanan darah yang normal pada pasangan.

“Kami mendapati lebih banyak bahasa “kita” pada pasangan yang lebih tua dan pasangan yang lebih bahagia,” tegas Robert Levenson, peneliti senior pada penelitian yang diadakan University of California di Berkeley itu, pada Associated Press. "Hal itu bukan sesuatu yang mereka pikirkan secara sadar, dan mungkin tidak mengetahuinya. Itu hanya sepotong perilaku yang dapat kami hitung."

Yang menarik, menggunakan kata "kita" itu juga baik untuk kesehatan. Enggak percaya? Untuk membuktikannya, tim Levenson mengumpulkan 154 pasangan usia paruh baya dalam penelitiannya. Mereka melakukan diskusi selama 15 menit dimana mereka saling tidak sepakat. Sementara itu, denyut jantung dan tekanan darah mereka dimonitor di laboratorium Levenson.

Hasilnya, pasangan yang berdebat namun masih menggunakan kata ganti tersebut umumnya memiliki denyut jantung dan tekanan darah yang lebih rendah. Sebaliknya, mereka yang lebih banyak menggunakan "aku" kerap terlihat memasang ekspresi wajah, nada suara, postur tubuh, dan gerak-gerik yang negatif.

Anda yang terbiasa membahasakan diri dengan "aku", tak perlu kecewa. Para pakar hubungan ini percaya, hanya dengan mengubah kebiasaan tersebut dengan kata "kita" atau "kami", hubungan Anda dengan pasangan pun akan terpengaruh ke arah yang positif.

"Hal itu seperti, tidak ada 'aku' dalam tim. Ada banyak petunjuk kok, mengenai hal ini," kilah Levenson. "Ini mungkin menjadi satu cara untuk menguatkan partnership dalam hubungan itu."

Anda penasaran dengan hasil penelitian ini? Tak ada salahnya mencoba, kan? Atau, Anda ingin sharing dengan pengalaman Anda sendiri?

Category: , | 0 Comments

0 comments to “Kata "Kita" Bikin Pasangan Lebih Happy”